Manusia Sang Pembelajar

Sebagai permulaan, TutoriaLogic akan menghadirkan sedikit curcol dari penulis, yang mungkin pernah kawan-kawan ketahui sebelumnya. Tentang perjalanan kehidupan manusia yang senantiasa belajar dari alam sekitar.

Tau kisah manusia purba? Dahulu kala manusia purba hidup dengan penuh keterbatasan, peralatan yang digunakan pun masih sangat sederhana.  Tetapi seiring berjalan nya waktu, sesuai tuntutan kebutuhan, manusia pun mulai berfikir, dan mereka belajar untuk membuat teknologi yang bisa memudahkan pekerjaan manusia.
 
Manusia mulai belajar dari alam sekitarnya. Dari melihat “burung” akhirnya manusia bisa membuat pesawat terbang, dari “sarang lebah” manusia bisa membuat gedung-gedung bertingkat. Dari “capung” manusia membuat helikopter. Dari “ular” manusia membuat rangkaian kereta api.

Dikarenakan manusia mau terus belajar, manusia akhirnya bisa meraih mimpi-mimpi yang mustahil sekalipun untuk ukuran manusia di masa lampau. Mimpi untuk terbang, mimpi untuk bergerak secepat suara, mimpi untuk saling berkomunikasi di belahan bumi lain.. 

Hal-hal yang dulu dianggap mimpi belaka telah menjadi kenyataan, dengan pesawat terbang akhirnya manusia bisa terbang, dengan telepon manusia bisa berkomunikasi dengan siapa pun di belahan bumi manapun, manusia juga telah bisa menciptakan pesawat berkecepatan supersonik. Dahulu, perjalanan dari pulau ke pulau, memerlukan waktu yang sangat lama, berhari-hari bahkan berbulan-bulan, tetapi dengan adanya pesawat terbang, dalam hitungan jam pun bisa sampai tujuan. Untuk komunikasi dengan surat pun butuh waktu lama, tetapi sekarang dengan teknologi telepon atau internet, masalah itu bisa diatasi. Seolah-olah manusia zaman ini telah bisa mengakali waktu. 

Manusia cuma bisa terus belajar & berusaha. Pada hakikatnya, semua sesuai dengan kehendak dari Sang Pencipta. Dialah Allah..

Allah mengajar manusia melalui perantaran kalam. Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya (94:4-5)

Dari mana semua ilmu manusia itu berasal? 
Potensi apa saja yg ada di dalam diri manusia? 
Mengapa semua hal itu bisa terjadi? 
Rahasia besar apa yang ada di balik itu semua?

Akan dijawab di postingan berikutnya @ "Potensi Luar Biasa Manusia"